Di smartphone-mu sudah pasti isinya tidak cuma berisi aplikasi social media, games, dan entertainment kan? Pasti ada aplikasi yang membantu kamu secara personal labih produktif dengan aplikasi productivity dan tentunya aplikasi islami yang membantu kamu untuk beribadah dan semakin dekat dengan Allah. Kamu menggunakan aplikasi islami apa aja?

Usholli

Rating: 4.8 dari total 12.122 reviewer.

Usholli Jadwal Sholat Kemenag – Apps on Google Play

Yang tak boleh terlewatkan yaitu jadwal sholat. Dimanapun, kapanpun akan lebih enak ketika kita punya aplikasi yang mengingatkan dan memberitahukan ketika sudah dekat dengan jadwal sholat. Tenang, untuk kamu yang suka bepergian ke luar kota, aplikasi ini akan mendeteksi lokasi kita dan langsung menyesuaikan waktu sholat di tempat yang baru. Aplikasi ini relatif ringan, hanya 2,5 MB. Aplikasi ini buatan developer bernama Habibi yang merupakan developer lokal, tepatnya Malang, Jawa Timur. Yang menarik adalah Usholli juga menawarkan widget yang bisa kita pasang di home screen kita. Kita bisa set juga jika mau untuk kumandang adzan di setiap waktu sholat. Tidak hanya waktu sholat, fitur tambahan lainnya adalah kompas kiblat dan peta masjid terdekat. Sangat bermanfaat bukan?

Al Ma’tsurat

Al Ma’tsurat – Dzikir Pagi dan Petang – Apps on Google Play

Rating: 4,8 dari total 8.854 reviewer.

Aplikasi andalan yang membantu kamu khususon untuk dzikir pagi dan petang. Lengkap, ada dzikir pagi petang Sugro dan Kubro. Aplikasi ini buatan Indonesia, tepatnya Kediri, Jawa Timur, oleh developer bernama Waluku Studio. Aksesnya ringan karena ukuran aplikasi hanya 4,4 MB. Pas kamu sedang mobile atau travelling, dengan aplikasi ini kamu tetap bisa menunaikan dzikir pagi dan petang. Tentunya lengkap ada ayatnya dan artinya, kamu tinggal slide up untuk mengakses setiap urutan dzikirnya.

Qara’a

Rating: 4,8 dari total 26.705 reviewer.

Qara’a – Belajar Quran – Apps on Google Play

Saatnya aplikasi yang mendampingi kita dalam melafalkan ayat Al-Quran dan belajar juga membaca yang baik dan benar. Ya, aplikasi ini adalah aplikasi untuk belajar Al-Quran. Jadi selain ada semua ayat dalam Al-Quran, sebagai pengguna juga bisa belajar. Qara’a menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligent) yang bisa mendeteksi suara kita dan memberikan feedback benar atau tidaknya pelafalan kita ketika belajar membaca Al-Quran. Canggih! Aplikasi ini juga buatan anak bangsa, developernya adalah Kreasi Putra Hotama yang bermarkas di Pontianak, Kalimantan Barat. Dengan banyaknya fitur dan dengan produk free juga paket berbayar, aplikasi ini berukuran 55 MB. Cukup besar dibanding yang lain, tapi ketika digunakan aksesnya cukup cepat.

Mosfeed

Rating: 4,7 dari total 153 reviewer.

Mosfeed – Apps on Google Play

Dilihat dari review sepertinya sedikit, tapi sudah di-install lebih dari 10.000 pengguna. Selain itu memang banyak juga yang langsung mengakses via websitenya yang beralamatkan di mosfeed.id. Aplikasi yang tagline-nya adalah “Understanding Islam from Inside” ini menyajikan ragam pengetahuan Islam dalam bentuk live event, webinar, dan e-course dengan tema yang variatif. Tentunya aplikasi ini juga buatan anak bangsa, developer Pixel Nine Indonesia yang bermarkas di Bintaro, Tangerang Selatan. Aplikasi ini relatif ringan, hanya memakan kapasitas 9,7 MB.

Menarik bukan, karya asli anak bangsa. Aplikasi islami yang mengingatkan kita untuk sholat tepat waktu, membantu kita bisa dzikir pagi dan petang dimanapun, menuntun kita belajar membaca Al-Quran, dan belajar beragam pengetahuan yang sangat banyak tentang islam dalam format digital yang menarik. Semoga bermanfaat menambah khazanah kita supaya makin produktif dan dekat dengan agama Allah.

Share This

Share This

Share this post with your friends!